Bursa Saham

Bursa Saham Terbesar Dunia 2020

Bursa Saham Terbesar Dunia – Bursa Saham alias Bursa Efek atau disebut juga stock exchange merupakan sebuah pasar yang menyediakan transaksi perusahaan sekuritas antara pembeli dengan penjual.

Adapun jenis efek yang diperjualbelikan pada pasar saham yakni surat berharga perusahaan sekuritas berupa surat pengakuan utang, Surat komersial, saham, obligasi, tanda bukti utang, unit penyertaan kongrak investasi, serta kontrak berjangka atas efek serta setiap derivative dari Efek.

List Daftar 10 Bursa Saham Terbesar Dunia 2020

Berdasarkan sumber data World Federation of Exchanges untuk tahun 2020 terdapat 10 bursa saham terbesar di dunia. Adapun kapitalisasi pasar saham semuanya tergantung dengan jumlah saham yang beredar dikalikan dengan harga sahamnya.

  1. Bursa Saham New York

Bursa Saham New York

New York Stock Exchange merupakan bursa saham Amerika yang berpusat di New York Amerika Serikat yang mendapat julukan The Big Board. Pasar Modal Amerika ini mempunyai kapitalisasi sebesar $42 triliun dengan total 2,400 perusahaan terdaftar.

  1. Bursa Saham Nasdaq

Bursa Saham Nasdaq

Adalah pasar modal elektronik global dalam proses membeli serta menjual sekuritas dengan indeks patokan awal saham teknologi A.S.Nasdaq yang dibuat oleh Asosiasi Nasional Dealer Efek (NASD). Terdapat lebih dari 3000 saham yang tersedia di bursa Nasdaq ini, diantaranya Apple, Google, Microsoft, Oracle, Amazon dan juga intel yang terkenal.

  1. Bursa Saham Tokyo

Bursa Saham Tokyo

Tokyo Stock Exchange juga dikenal dengan sebutan Tosho mempunyai 3.685 perusahaan tersembunyi dengan nilai pasar diprediksi sebesar 7,7 triliun. Saham Beberapa perusahan besar seperti Tokyo Motor Corporation, Mitsubishi UFJ Financial, serta SoftBank Group tersedia di pasar Modal asal Jepang ini.

  1. Bursa Saham Hongkong

Bursa Saham hongkong

Bursa Saham Hong Kong Limited (SEHK) merupakan bursa efek yang berpusat di Hong Kong. SEHK merupakan kapitalisasi pasar terbesar ketiga di Asia untuk saat ini. Bursa Efek Hong kong memiliki 2.315 perusahaan terdaftar dengan kapitalisasi pasar gabungan HK Triliun serta merupakan salah satu bursa dengan pertumbuhan tercepat di Asia.

  1. Bursa Saham Frankfurt

Bursa Saham Frankfurt

Merupakan bursa saham dengan fasilitas perdagangan terbesar serta paling efektif di dunia. Sekarang ini sangat banyak sekali bursa efek yang dipasarkan di FRA seperti Daimler AG, Mercedes Benz, BMW, dan juga beberapa saham perusahaan dari Allianz dan Bayer.

  1. Bursa Saham London

Bursa Saham London

Merupakan pasar modal yang berdiri pada 1801. Bursa Saham London termasuk bursa saham tertua di dunia. Mengenai nilai kapitalisasi pasar saham ini diperkirakan sebasar $4,4 trilium.

  1. Bursa Saham Shanghai

Bursa Saham Shanghai

Merupakan bursa efek dengan type bursa saham, seperti saham, obligasi serta dana. Untuk kapitalisasi pasar modal Shanghai ini mencapai $ 2,4 triliun.

  1. Bursa Saham NTSE Euronext

Bursa Saham NTSE Euronext

Adalah bursa efek yang terdiri dari gabungan antara Euronext Brussel, Euronext Lisbon serta Euronext Paris. Untuk nilai kapitalisasinya diperkirakan mencapai 3,5 triliun.

  1. Bursa Saham Toronto

Bursa Saham Toronto

Adalah bursa efek terbesar di negara Kanada dengan berlokasi di Toronto, Kanada. Nilai Kapitalisarinya mencapai $2,1 triliun. Adapun jenis saham yang diperjual belikan pada pasar modal Toronto ini adalah hasil pertambangan, minyak dan gas. Ditambah juga surat berharga, dana investasi serta exchange trade fund.

  1. Bursa Saham Swiss

Bursa Saham Swiss

Merupakan pasar saham yang berlokasi di Zurich, Swiss yang menyediakan obligasi pemerintah serta derivative seperti opsi saham. Nilai Kapitalisasi pasar sahamnya mencapai $ 1,5 triliun.

Demikianlah artikel ini kami buat tentang bursa saham terbesar di Dunia, semoga menambah informasi bagi Anda semuanya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *